FSMA - Preventive Control for Human Food

FSMA merupakan kependekan dari Food Safety Modernization Act, sebuah regulasi dari Amerika yang mewajibkan semua makanan yang masuk (beredar) di Amerika harus memenuhi FSMA ini.
Jadi FSMA itu sendiri apa? tenang, kita tidak perlu bingung-bingung mempelajari apa itu FSMA karena sudah ada lembaga yang dibentuk dengan tugas khusus menterjemahkan maksud dari FSMA. Lembaga itu adalah FSPCA (Food Safety Preventive Control Alliance) yang terdiri dari para expert baik di dunia industri maupun dunia pendidikan.

Nah dari studi FSPCA ini kemudian lahirlah HARPC, Hazard Analysis and Risk-Based Preventive Control. Jadi HARPC ini boleh dikatakan HACCP nya Amerika. Beda HACCP dengan HARPC apa? dari segi pembuatnya kalau HARPC itu harus dibuat oleh orang yang sudah Qualified (terdaftar di FSPCA / FDA) yang biasa disebut PCQI (Preventive Controls Qualified Individual).

Untuk menjadi PCQI ada 2 cara:
1. Training yang didaftarkan di FDA / FSPCA
2. Submit qualifikasi ke FDA / FSPCA

Jadi kalau secara ringkasnya digambarkan sebagai berikut:
Kemudian perbedaan yang lainnya adalah di HARPC tidak mengenal decision tree, jadi kalau dalam analisa resiko ketemu signifikan level tinggi, maka step tersebut harus jadi Preventive Control (sebutan untuk tindakan setara dengan CCP).

FSMA ini ternyata tidak wajib bagi semua industri makanan, jika mereka sudah menerapkan:
  1. FDA Seafood HACCP Regs
  2. FDA Juice HACCP Regs
  3. USDA HACCP Regs
Bagi anda yang ingin mempelajari HARPC, anda dapat download panduannya di website resminya, gratis. Panduan tersebut lebih lengkap dari materi training karena setiap slide disertai dengan keterangan. Semua materi training diseluruh dunia sama karena memang ada peraturan dari FSPCA bahwa trainer tidak diijinkan untuk merubah atau mengurangi materi training.