Cara Membatalkan Email Yang Terlanjur Terkirim Di Gmail

Misalkan anda akan mengirim email kepada staff anda dan isinya adalah seperti ini “Kepada bapak – bapak dimohon untuk menguatkan kont*l pelayanan agar pelanggan puas”. Setelah klik send, baru anda sadar ada yang salah ketik akibat auto correct. Kalau terjadi di Whatsapp, mudah saja, langsung saja dihapus sebelum ada yang membaca, tapi ini kan di email, apa yang harus dilakukan? Pasrah saja deh bakal dibully oleh rekan – rekan kerja. Masih mending kalau Cuma dibully, tapi kalau di beri surat peringatan oleh atasan? Atau bahkan diberi sanksi? Wah, kacau deh.
Tapi jangan khawatir, kalau anda menggunakan gmail, anda bisa kok melakukan penghapusan email seperti menghapus pesan pada Whatsapp. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Anda buka gmail dan lihat bagian setting
 2. Kemudian anda bagian General pilih bagian Undo Send, centang dan pilih rentang waktu untuk melakukan pembatalan pengiriman. Rentang waktu yang disediakan mulai dari 5 detik hingga 30 detik. Anda pilih saja yang terlama, sehingga ada waktu untuk menghapus email yang dikirim.
 3. langkah terakhir, save
Dengan demikian setiap anda mengirim email, maka akan muncul pesan seperti ini:
OK, itu saja yang harus anda lakukan, jadi jangan khawatir lagi jika ada email yang salah dan terlanjur dikirim. Tapi baiknya sih, baca dulu baik – baik sebelum anda tekan tombol send.