Hoax Angka 8 Pada Barcode Produk Menunjukkan Produk Hasil Modifikasi Genetika, Yang benar Angka 8 Pada Price Look Up (PLU)

Hari ini di grup WA beredar broadcast mengenai peringatan bahayanya mengkonsumsi produk-produk yang disinyalir dari hasil modifikasi genetik atau yang lebih dikenal Genetically Modified Organism (GMO). Jadi isi broadcast itu kurang lebih begini
kalau ada angka 8 di depan (84131), maka apel tersebut merupakan hasil rekayasa genetika. Sebab, sudah menjadi peraturan di seluruh dunia untuk memberikan angka 8 pada produk rekayasa genetika. Biasanya produk GMO yang banyak dijumpai di supermarket adalah jagung manis, ubi jalar warna ungu, tomat merah. Tampilan produk ini juga sangat menarik dengan warna menyolok dan lebih besar dibanding produk sejenis yang normal. Saat ini hampir semua negara di dunia melarang peredaran GMO. Produk ini bisa berasal dari tumbuhan atau hewan. Hampir seluruh negara Uni Eropa sudah tegas-tegas melarang peredaran produk genetika ini. Malah, sejak satu dekade terakhir, protes penggunaan produk GMO marak di sejumlah negara. Sistem pangan khusus China juga melarang peredaran produk GMO. Bahkan, sebagian orang Afrika rela mati kelaparan lho ketimbang harus mengonsumsi produk ini. Sebuah penelitian di Rusia bahkan melaporkan bahwa produk ini bisa membuat hewan punah dalam tiga generasi. Mengerikan!
Kalau ada broadcast seperti ini tentu aku tanya dulu sumber resminya ada tidak. Ternyata tidak ada. Akhirnya aku googling dan mendapatkan berita ini sudah ada sejak pertengahan tahun 2016. Aku mendapatkan berita ini di situs Bril**.net terbit tanggal 13 Oktober 2016. Aku baca berita itu. Yang menarik perhatianku adalah arti kode 8 pada kode barcode yang katanya pasti produk GMO. Penulis mengutip dari situs drfranklipman.com. Aku  ikuti urlnya dan ternyata redirect ke bewell.com. Aku coba mencari artikel yang dimaksud. Memang situs ini banyak mengulas mengenai GMO, dan penjelasannyapun mungkin masuk akal karena hal-hal umum yang disampaikan. Kemudian bagaimana dengan kode 8 pada barcode?
Penulis berita di Bril**.net kurang melakukan penelitian untuk menambah informasi. Memang di website bewell disebutkan kalau angka 8 pada kode memang menunjukkan itu hasil rekayasa genetik. Tapi angka 8 yang mana nih? ternyata angka 8 yang dimaksud adalah angka yang tertera pada kode PLU (Price Look Up) memang seperti barcode, tapi dia hanya terdiri dari 4 angka.  Dan dalam perkembangannya 4 angka ini bisa ditambah 1 angka yaitu angka 9 yang artinya buah/ sayur itu organik. Kode ini diatur oleh International Federation For Produce Standard (IFPS), website resminya disini.
https://www.bewell.com
Gambar diatas contoh PLU. PLU itu hanya diberikan pada produk buah-buahan / sayuran segar, bukan olahan. jadi jelas bukan produk olahan pabrik. Database IFPS hanya berisi data jenis atau varietas produk saja yang terdiri dari 4 digit angka, jadi kalau kalian cari kode 84011, itu tak akan ketemu. Tapi kalau 4011 itu memang kode untuk pisang. Angka 8 sebagai kode GMO tidak wajib diterapkan, dan memang selama ini tidak ada yang mencantumkan kode itu.
Oke guys, jadi paham ya, kode yang dimaksud dalam broadcast wa bukan barcode tapi PLU. Kalau kalian percaya dengan wa itu, saya yakin kalau kalian ke supermarket akan beli produk luar negeri semua. Kenapa? karena kalau di barcode, 3 angka pertama menunjukkan kode negara asal produk. Coba tebak kode Indonesia berapa? 899.
Penulis berita di Bril**.net ini bisa menghancurkan ekonomi Indonesia nih. Memang dia tidak bermaksud begitu sih, tapi efek gara-gara kurang informasi ini jadi bahaya.