Eth-faucet.net Review

Setelah harga bitcoin melonjak sangat tinggi, aku mencoba untuk mencari cryptocurrency lainnya. Pilihanku adalah Ethereum. Kenapa Ethereum? karena aku sudah punya wallet di akun Luno jadi tak perlu bikin wallet dibanyak tempat.
Setelah browsing beberapa saat, aku tertarik untuk mencoba Eth-faucet.info. Kenapa? karena disitu kita bisa mendapatkan eth per lima menit. Kan lumayan kalau setiap 5 menit dapat eth. Terus minimal withdrawlnya seperti faucet kebanyakan 0.001 eth.
Seperti biasa, sebelum mulai mencari eth, cari informasi dulu mengenai eth-faucet.info ini scam atau legit? ternyata susah cari informasinya. Akhirnya dengan berbekal nekat, aku coba cari eth disitu. Awalnya semangat, hampir tiap 5 menit absen heheheheh,.
Hari kedua aku merasa ada yang janggal. Ternyata di kolom Eth address tiba-tiba berubah! bukan eth walletku yang ada disitu.
Terlihatkan? ada 3 Eth wallet address! padahal aku cuma punya 1.
Pertama aku panik juga melihatnya, kok bisa lain addressnya? aku pikir ini terjadi mungkin karena aku menggunakan wifi gratis dan sudah dibajak orang lain seperti dalam berita yang sempat aku baca sebelumnya (wifi starbucks disusupi malware sehingga bisa menambang bitcoin tanpa diketahui user). Aku segera clean cache dan scan virus. HPku bersih!
Aku coba lagi nambang ETH, dan aku jumpai hal aneh berikutnya
Seharusnya di kotak share itu muncul address wallet kita, tapi itu kok kosong? aku coba lagi untuk nambang eth meskipun belum 5 menit dan ternyata bisa! itu berarti yang pertama tadi tidak dianggap. Jadi patokannya adalah kalau kotak share itu ada address wallet kita berarti berhasil. BTW, kadang yang muncul disitu address wallet orang lain :(
Sampai disini aku semakin curiga apa bener nih faucet ini?
Ketika aku perhatikan salah satu kode address wallet yang muncul secara otomatis ternyata adalah address wallet pemilik faucet! kalian bisa lihat dilayar paling bawah faucet tersebut, disitu ada address wallet donasi pemilik faucet!
Semakin lama dipakai, ternyata faucet ini semakin aneh, muncul terus pilihan salin atau copy
Coba kalian tebak apa yang di salin atau copy? ya! itu address wallet si pemilik faucet! kampret! apa maunya coba? jadi website ini secara diam-diam mengganti address wallet menjadi milik mereka sendiri! akhirnya, kita tak akan pernah sampai di angka minimum withdrawl. Kalau sampaipun bisa lama sekali karena sering tanpa sadar kita telah memasukkan address wallet mereka. Jadi itu lah mengapa di website ini tidak akan kita temukan menu balance kita, kita sama sekali tak tahu sudah mengumpulkan berapa gwei (satuan terkecil Ethereum).
Oke deh, akhirnya aku kapok tak mau cari ethereum disitu lagi. Gak jelas!
Berarti apa kesimpulannya?
Menurutku sih ini scam.
Tapi kalau kalian ingin mencoba, pastikan address walletnya milik kalian termasuk di kotak share url tadi.