Tips Menghemat Daya Baterai di HP

Untuk menghemat baterai hp gampang kok; "matikan saja, tak usah dipakai!" hehehehe bercanda kok.
Sebelum bahas bagaimana cara menghemat daya, kita mesti tahu dulu apa sih yang bikin boros daya?

Berdasarkan pengalaman, yang paling besar pengaruhnya terhadapa daya baterai adalah aplikasi yang selalu membuat koneksi data / online, baik yang berjalan saat hp dinyalakan (start up) atau atas keinginan kita.

Jadi pernah aku coba hanya menjalankan BBM. Pagi dihidupkan, sore / malam sudah minta di charge lagi, padahal aku tidak begitu aktif bbm an. Hanya dalam posisi standby. Apalagi anda yang sangat aktif?

Beberapa hari yang lalu aku matikan koneksi data. Jadi tak ada koneksi sama sekali. cuma bisa sms sama telpon! berapa hari ayo baru minta di charge? 4 hari masih separo baterai (hp dalam kondisi standby, jarang dipakai telepon heheheh)

Berikut ini data aplikasi android yang bikin boros baterai seperti yang dilansir AVG

Setelah tahu aplikasi yang boros baterai, sekarang bagaimana? tak mungkin dong bbm atau facebook dimatikan?

Memang setiap orang mempunyai pertimbangan yang berbeda-beda, aplikasi apa yang akan dijalankan. Nah untuk mengatur aplikasi apa saja yang boleh membuat koneksi data / online, maka ada beberapa aplikasi yang cocok untuk anda.

Beberapa smartphone mungkin sudah dibekali dengan feature untuk mengatur aplikasi yang boleh melakukan koneksi data. Tapi bagi smartphone anda yang belum ada feature ini, dapat menggunakan aplikasi dari pihak lain, contohnya antivirus. Coba anda pasang antivirus yang mempunyai feature firewall, kebetulan yang aku pakai ini bawaan NQ, jadi bisa akut atur semua aplikasi termasuk google play, jadi yang aktif cuma BBM.

Ini beberapa perbandingan antivirus (data diambil dari NQ mobile website)



Tapi pakai antivirus kan biasanya harus bayar?

Kalau anda tak mau bayar antivirus, ada aplikasi alternatif yang gratis, yaitu Opera Max.

Opera Max ini selain berfungsi untuk menghemat penggunaan data (katanya) juga dapat digunakan untuk mengatur aplikasi apa saja yang boleh melakukan koneksi data.
Anda bisa download Opera Max di google play

Jadi sekarang anda mempunyai akses penuh terhadap aplikasi yang ada di androin anda, dengan dimikian daya baterai bisa lebih dihemat.