Cara Mengecek Pesan / SMS Scam Atau Penipuan

Dijaman sekarang ini banyak modus yang dilakukan oleh orang-orang yang malas bekerja untuk mencari keuntungan pribadi dengan cepat. Mulai dari SMS pemenang undian hingga hadiah-hadiah gratis yang disebar melalui pesan media sosial.
Baru-baru ini beredar pesan melalui grup WA mengenai internet gratis sepuasnya, syaratnya harus share pesan tersebut ke beberapa grup baru bisa mendapatkan internet gratis. Modus ini bukan hal baru, karena sebelumnya sudah ada pesan sejenis tapi hadiahnya berupa barang.
Berikut ini ada beberapa tip mudah untuk mengecek apakah pesan itu benar atau cuma penipuan.
1. Lihat domain yang digunakan
Biasanya untuk meyakinkan korban, penipu mencantumkan alamat website yang disebutnya 'situs resmi' untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai pengumuman itu. Kebanyakan penipu itu tidak bermodal, artinya mereka menggunakan domain gratisan seperti: blogspot, webly, wordpress, wix dan lain-lain. Bagi kita yang sehari-hari mengakses internet, tentu mudah mengenali situs yang menggunakan domain gratisan atau tidak, tapi bagi mereka yang boleh dikatakan jarang browsing dan aktifitasnya sebatas update status di facebook, WA dan sosial media lainnya, tentu kesulitan untuk mengetahuinya. Apalagi orang yang sudah tua dan boleh dikatakan gaptek, tentu dengan melihat www.bla-bla sudah percaya dan serius menanggapi pesan tersebut. Jadi yang harus diingat adalah tak mungkin perusahaan besar memilih membuat situs gratisan.
BRI tak mampu beli domain?
Indosat gak kuat beli domain?
 Bagaimana kalau kita ragu apakah domain tersebut gratisan atau berbayar, kan sekarang ini perkembangan di dunia maya sangat cepat, kadang kita ketinggalan info bila ada penyedia situs gratis. Tinggal kita googling saja dengan keyword domain itu, nanti juga akan ketahuan domain itu gratis atau berbayar.
 2. Kualitas Website
Jika pesan itu sudah kita cek ternyata menggunakan domain yang berbayar, belum tentu juga pesan itu benar bukan penipuan. Asal anda tahu saja, harga domain bisa cuma 1 dolar di tahun pertama. Jadi jangan percaya dulu bila situs tersebut menggunakan domain berbayar.
Ada yang perlu kita perhatikan didalam situs penipuan, biasanya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  • Kualitas Gambar Buruk . Biasanya penipu ini cuma mengambil gambar dari internet dan parahnya lagi, mereka malas mencari gambar dengan kualitas terbaik. Anda perhatikan bahwa beberapa gambar kurang tajam dan agak kabur.

Image:3gunlimited247.offers.co (logo operator kurang bagus)
  •  Gambar Terlihat Janggal. Entah penipu ini malas atau memang kurang pandai dalam mengedit foto sehingga terlihat jelas kalau foto tersebut tidak asli.
  
Image: rejekibritama2015.blogspot.com (Anda tahu bagian mana yang diedit?)               
  • Ada link yang broken. Sekali lagi, penipu biasanya malas, sehingga dia enggan untuk membuat situs yang lengkap dan detail. Misalnya situs 3gunlimited.247offers diatas, dibagian bawah sekali ada tulisan *Terms and Condition dengan font yang sangat kecil dengan harapan korban tidak akan memperhatikan. Kalau kita klik itu ternyata tidak ada halaman yang dituju alias page not found. Term and Condition itu bagian terpenting yang harus anda baca ketika mengikuti undian atau kompetisi apapun karena disitu biasanya dijelaskan aturan main dan persyaratannya. Kan sayang jika anda dibatalkan sebagai pemenang hanya gara-gara KTP anda tidak berdomisili seperti yang disyaratkan oleh panitia.
  • Tidak berfungsi dengan baik. Karena situs dibuat setengah-setengah alias tidak detil maka akan banyak ditemukan kesalahan fungsi pada tombol-tombol yang ada pada situs tersebut. Misalnya pada situs 3gunlimited.247offers kalau kita masukkan nomor telepon yang hanya 1 digitpun akan tetap diproses bahkan tidakpadahal orang jual pulsa online saja bisa langsung mendeteksi nomor yang dimasukkan sudah benar dan dari operator mana secara otomatis. Fungsi yang tak jalan lainnya adalah kalau anda tekan tombol saham WA dan tidak jadi share, itu sudah mengurangi kewajiban share di grup WA.
Image: 3gunlimited.247offers.com (anda klik tombol hijau 8x selesai, tak perlu share di WA) 
  • Ada persyaratan yang janggal. Masa kita disuruh install aplikasi atau mengisi survey yang tak ada kaitannya dengan sponsor? tidak mungkin! atau disuruh bayar uang muka dulu untuk mengambil hadiah? saldo minimal di buku tabungan? aneh banget kan? ngapain juga mereka mau tahu isi tabungan kita.
 
Sumber: 3gunlimited.247offers.co (sponsornya apa, surveynya apa, gak nyambung!)