Review : CCleaner vs Glary Utilities


Biasanya aku menggunakan Glary Utilities untuk membersihkan registry. Aku sudah coba yang versi free maupun professional. Hari ini aku coba menggunakan CCleaner yang free, begitu aku coba scan registry…. Wow, ternyata beda jauh dengan Glary Utilities.

Ini beda antara CCleaner dengan Glary Utilities:
  1. Glary Utilities tidak support backup registry, CCleaner support
  2. Kemampuan menangkap registry error glary utilities kalau jauh, dia hanya mampu menangkap kurang dari 100 registry, sedangkan CCleaner mampu menangkap 1400 registry error!, setelah aku lihat ternyata registry yang error ini hasil peninggalan aplikasi / software yang telah aku uninstall, jadi CCleaner tidak salah!
Kalau dari segi Registry, glary utilities kalah jauh! Tapi kalau dilihat dari featurenya Glary Utilities sedikit lebih unggul karena dia ada fungsi duplicate finder, context menu manager, file split and joiner, File Undelete, memory optimizer dan registry defrag.

Tapi karena aku hanya membutuhkan registry cleaner nya maka aku pilih CCleaner sebagai pemenang!

Bagaimana menjadikan CCleaner Profesional Edition teregistrasi?

Kalau anda ke website resminya piriform.com, anda tidak akan menemukan download versi professional. Kalau versi business ada download trialnya. Jadi antara yang PRO dengan yang free, installernya sama.
Untuk registrasi anda harus online.

Anda bisa googling mencari serial numbernya, saat ini CCleaner yang terbaru versi 3.21.1767 dan aku gunakan serial number versi 3.19 ternyata masih berlaku. Jadi saat kita masukkan serial number, program akan cek terlebih dahulu user name dan serial, kalau formatnya benar dia akan mengirim data ke license.piriform.com, dan jika benar maka anda akan mendapat  / dikirim file branding.dll dan ccleaner.dat. Fungsi file branding adalah untuk menambahkan versi profesional pada ccleaner. jadi seandainya branding.dll ini hilang, maka ccleaner anda tetap berfungsi, hanya saja seperti versi biasa / free. file cleaner.dat berisi data registrasi anda, jadi kalau file ccleaner.dat anda hilang, maka software anda akan menjadi unregistered.

Kalau versi sebelumnya, Ccleaner free tidak ada fungsi untuk registrasi, karena itu kalau anda download ccleaner full version (versi sebelumnya), maka anda selain mendapatkan serial number juga mendapatkan file branding.dll karena branding.dll ini yang menambahkan fungsi registrasi, tapi sayangnya mereka tak paham cara kerjanya sehingga instruksi yang diberikan agak ribet. Instruksi mereka: install, jangan jalankan program, copy file branding.dll, jalankan program, masukkan serial number, seolah olah setelah install kita dilarang menjalankan ccleaner, kalau kita jalankan sebelum registrasi bisa di blokir. Tidak begitu. anda bisa menjalankan ccleaner kapan saja dan registrasi kapan saja. Dan sejauh ini sistem mereka tidak membatasi berapa kali serial number itu digunakan, hanya cek formatnya benar apa tidak. buktinya aku menggunakan serial number lama yang mungkin sudah digunakan ribuan kali, registrasi tetap berhasil. Entah kedepannya.

Kalau versi yang terbaru tinggal install dan sudah ada fungsi registrasi, jadi yang anda perlukan cuma serial number saja dan konek internet, dijamin ccleaner anda full version. atau anda bisa menggunakan file branding.dll dan ccleaner.dat dan tempatkan di folder instalasi. Apa serial numbernya? maaf saat ini belum bisa diupload, tak bisa buka ziddu hehehehe. tinggalkan komen disini, nanti aku balas di  blog anda.

update:
sekarang sudah ada serialnya :) serial number