Cara Agar Dapat Khatam Alquran Setiap Bulan

Khatam Alquran setiap bulan? Waduh! khatam Alquran setahun sekali saja belum bisa, apa lagi setiap bulan?!!

Mungkin itu yang kebanyakan dari kita rasakan. Setidaknya aku dulu begitu hehehehehe,....................baca Alquran setiap hari satu ayat saja tidak bisa, apa lagi satu hari satu juz? rasanya tak mungkin!

Tapi dengan niat yang kuat akhirnya bisa juga membaca Alquran satu juz setiap hari.

Diblog-blog lain sudah banyak yang memberikan cara agar anda dapat Khatam Alquran dalam satu bulan, caranya adalah dengan membagi 30 Juz dengan 30 hari, jadi ketemunya satu hari satu juz. Masih keberatan? membagi jumlah halaman Alquran dengan 30 hari maka untuk Alquran pada umumnya akan ketemu 20 halaman per hari. Masih keberatan? 20 halaman dibagi 5 waktu sholat, jadi ketemu 4 halaman setiap selesai sholat. Lumayan kan tidak terlalu berat?

Kalau aku menggunakan Alquran yang ada translate dan tulisan latin, jadi setiap hari minimal 50 halaman atau 10 halaman setiap selesai Sholat. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membaca 10 halaman? karena aku tidak begitu lancar, jadi perlu waktu kira-kira 15 menit. Jadi sehari aku harus membaca Alquran minimal 75 menit!

Ok, itu tadi itung-itungan secara matematika bagaimana mengkhatamkan Alquran dalam satu bulan. Masalahnya kan bagaimana bisa menimbulkan niat yang kuat untuk membaca Alquran. Berikut ini cara agar anda mempunyai niat yang kuat untuk membaca Alquran.

1. Pelajari keuntungan bagi orang yang gemar membaca Alquran di akhirat kelak
Tahukah anda di akhirat nanti bukan Christiano Ronaldo, Lionel Messi, Son Go Ku, Balveer, Uttaran yang dapat menolong kita, apalagi pemain sinetron Ganteng-ganteng Srigala ataupun Anak Jalanan. Mereka tak bisa menolong kita, yang bisa menolong kita ya Alquran, jadi masihkah kita menghabiskan banyak waktu untuk sesuatu yang tidak memberikan manfaat bagi kita kelak? Dengan memikirkan dunia akhirat, anda akan selalu bersemangat untuk "menabung". Ya, "menabung" pahala agar dimudahkan di akhirat kelak, Apa keuntungan lainnya? banyak! anda googling saja, salah satunya, orang tua kita akan diberi mahkota yang tidak ada didunia ini,............... keren!

2. Ketahuilah Pahala Membaca Alquran di dunia
Setiap kita membaca Alquran, satu huruf di beri pahala satu, setiap 1 pahala diberi 10 kebaikan! Wow! bayangkan berapa banyak huruf dalam satu ayat, berapa banyak huruf yang terbaca selama 15 menit! dikali 10 lagi! Sayang banget kan kalau mau dilewatkan? Bagaimana dengan saya yang tidak lancar membaca Alquran? jangan khawatir, pahalanya dikalikan 2! anda bisa googling hadistnya.
Setelah mengetahui pahala membaca Alquran, setiap pagi aku sempatkan membaca Alquran. Kenapa?
Aku berfikir, dengan 1 pahala dibalas dengan 10 kebaikan, jika aku membaca 500 huruf, maka akan ada 5000 kebaikan. Menurut anda hal buruk apa yang bisa terjadi disepanjang hari itu? itulah mengapa selalu aku sempatkan membaca Alquran dipagi hari, sebagai "bekal" menjalani hari itu, aku berharap sepanjang hari akan selalu mendapatkan hal-hal yang baik...amin.

OK, Niat sudah dapat nih! semangat untuk membaca Alquran. Sekarang waktunya mengambil tindakan!
Aku pelajari kebiasaanku menghabiskan waktu, baik untuk bekerja, membantu pekerjaan rumah tangga, nonton tv dan sebagainya. Akhirnya aku bisa membuat jadwal membaca Alquran. Lho bukannya setiap selesai sholat baca Alquran? seharusnya begitu, tapi karena kesibukan saya maka saya harus mengatur jadwal tersebut. Begini Jadwalnya;

1. Pagi hari
Biasanya setelah selesai sholat subuh dapat membaca Alquran, tapi karena aku harus berbagi tugas dengan istri, maka aku harus membersihkan rumah termasuk halaman dan menyiapkan keperluan anakku sekolah. Setelah selesai, baru aku membaca Alquran, sebentar saja, kira-kira 15 menit. Itu selesai kira-kira jam 06.00. Dilanjutkan sarapan, kemudian membantu mencuci pakaian. Kira-kira selesai jam 06.45.
Setelah itu biasanya aku gunakan untuk nonton tv. Jam 07.00 ganti baju untuk kerja kemudian membaca Alquran lagi, kira-kira hingga 07.20. Setelah itu berangkat kerja.

2. Siang hari
Istirahat kerja jam 12.00, sampai di mess (kebetulan tinggal di mess pabrik) makan.dan Sholat. Selesai sholat aku lanjut baca alquran kira-kira dari 12.30 - 12.45. Setelah itu berangkat kerja.

3. Sore hari
Pulang kerja jam 16.00. Disore hari biasanya aku tidak sempat membaca Alquran karena harus menyetrika baju, bersantai dengan anak, duduk-duduk bersama tetangga atau keperluan lainnya. Tapi kalau ada waktu agak senggang dan tidak ada keperluan, aku gunakan membaca Alquran.

4. Malam hari
Habis sholat maghrib, tentu harus baca Alquran, kira-kira selama 20 menit. Kemudian lanjut habis Isya'.
Tapi setelah sholat Isya' biasanya aku tidak lama membaca Alquran, karena sudah ngantuk atau kecapekan. Tapi tetap aku usahakan membaca Alquran 1 - 2  ayat.

Selesai!
Dengan rutinitas seperti itu, tidak hanya 1 Juz perhari, bisa hampir 2 Juz. Seperti untuk bulan ini, baru 17 hari sudah hampir Juz 26.

Tentu diantara anda ada yang tempat kerjanya jauh sehingga menghabiskan waktu dan tidak sempat membaca Alquran. Karena itu anda harus mengatur jadwal.

Satu prinsip saya dalam membuat jadwal adalah jangan mengandalkan diakhir waktu, maksudnya jangan menyusun jadwal membaca Alquran waktu terbanyak dimalam hari. Kenapa? kondisi sudah capek habis kerja dan saya tidak tahu ada kesibukan apa nanti di malam hari, siapa tahu ada tamu, diajak teman pergi kemana dan lain sebagainya. Makanya jadwal membaca Alquran aku perbanyak di pagi hari, salain sebagai bekal, juga untuk mengganti siapa tahu nanti siang atau malam ada keperluan sehingga tidak sempat membaca Alquran.

Setelah membuat perencanaan dalam satu hari, kalau bisa perkirakan kegiatan di bulan ini. Misalnya aku minggu depan ini harus menemani tamu mulai dari sarapan hingga makan malam selama seminggu penuh, maka ada kemungkinan tidak sempat membaca Alquran di siang atau malam hari karena sudah kecapekan. Karena itu targetku minggu ini harus sudah mencapai Juz 27 untuk jaga-jaga kalau hanya dipagi hari bisa baca Alquran.

Terakhir, selalu berdoa diberi kekuatan agar dapat Istiqomah menjalankannya.

Demikianlah kira-kira cara agar Anda bisa mengkhatamkan Alquran dalam 1 bulan.

Ayo kita mulai dari sekarang juga! masih merasa berat??!!

"Yakin Bekal Anda Untuk Akhirat Nanti Sudah Cukup????"

1 komentar: